15 Jenis Makanan Untuk Memperlancar Asi

Makanan untuk memperlancar asi- Ibu harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, karena semua yang dikonsumsi akan masuk ketubuh bayi melalui asi. Jika yang dikonsumsi banyak mengandung zat yang tidak sehat, maka pertumbuhan dan perkembangan bayi akan tidak sehat juga.

Agar asi ibu mengandung nutrisi yang baik, maka ibu harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung nutrisi yang baik pula, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter terkait makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui agar memperlancar asi. Atau ibu bisa membuka buku-buku atau artikel terkait makanan yang dapat memperlancar asi.

Masalah makanan memang menjadi masalah yang serius, bukan hanya ibu yang berperan untuk mencari makanan yang baik, seluruh keluarga juga memiliki peran bagaimana makanan yang dapat memperlancar asi terutama suami. Suami harus mengetahui makanan apa yang baik dikonsumsi untuk istri dan bayinya, oleh karena itu kami akan berbagi informasi penting terkait makanan yang dapat memperlancar asi.

15 Jenis Makanan Untuk Memperlancar Asi

Berikut beberapa makanan untuk memperlancar asi yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang menyusui.

  • Wortel

Sayur yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa apabila dikonsumsi oleh ibu yang menyusui, karena wortel memiliki kandungan enzim phytoestrogens, yang dapat menghasilkan asi dalam jumlah yang sangat banyak. Wortel juga mengandung vitamin A yang tinggi. Dengan mengkonsumsi wortel, ibu dapat memproduksi asi dengan sangat baik, ibu bisa mengkonsumsi dalam bentuk jus, apabila dikonsumsi pada siang sebelum makan, maka ibu akan mampu menghasilkan asi pada sorenya.

  • Bayam

Bayam kaya akan zat besi, dimana zat besi mampu membentuk sel darah merah pada ibu yang sedang menyusui, bayam juga mengandung vitamin B6, dimana kandungan ini sangat baik untuk membentuk ketahanan tubuh bayi, sehingga tubuh bayi mampu menahan serangan bakteri dan virus. Selain itu ada banyak lagi kandungan yang ada di bayam seperti vitamin A, E, C, K dan juga banyak kandungan mineral.

Bayam juga memiliki kandungan yang sama seperti wortel yaitu enzim phytoestrogens, yang dapat menghasilkan asi. Selain bayam, ada banyak sayuran hijau yang dapat menghasilkan asi yang bisa ibu konsumsi. Artinya bukan hanya bayam saja namun ada banyak sayuran hijau yang bisa digunakan memprodusi asi agar banyak.

  • Pepaya

Buah pepaya, batang, daunnya serta bungaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk ibu yang sedang menyusui dengan mengkonsumsi pepaya, ibu akan mampu memproduksi asi dengan baik, karena pepaya mempunyai kadungan seperti vitamin A, C, dan juga mengandung mineral seperti kalsium, asam folat dan enzim papin.

Enzim papain sangat baik untuk pencernaan terutama bagi ibu yang menyusui sangat membutuhkan protein dalam menghasilkan asi.

  • Daun Katuk

Daun katuk memiliki rasa yang tidak sedap, meskipun demikian, daun katu sangat baik untuk dijadikan cara menghasilkan asi, agar tidak pahit, kita bisa memasak dengan cara yang tepat, mungkin ibu-ibu dulu tahu bagaimana caranya. Daun katuk memiliki kandungan protein yang baik untuk ibu menyusui. Ibu yang menyusui membutuhkan protein sejumlah 20 gram tiap hari, dan sementara untuk wanita yang normal membutuhkan 40 gram tiap harinya, jadi protein yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui adalah sebanyak 60 gram. Agar protein ibu terpenuhi, ibu dapat mengkonsumsi daun katuk minimal 100 gram tiap hari.

  • Biji Adas

Ibu dapat mengkonsumsi biji adas, biji adas sangat baik untuk menghasilkan asi atau memperlancar asi ibu.

  • Biji Jinten Hitam

Biji jinten hitam sangat baik dikonsumsi, kita dapat menemukan di toko-toko jamu tradisional. Biji jintem mengandung zat besi yang dapat memulihkan kondisi ibu setelah melahirkan, dan juga mengandung protein yang dapat digunakan untuk menghasilkan asi.

  • Kemangi

Daun yang satu ini memiliki manfaat yang besar, daun ini memiliki enzim phytoestrogens yang berguna untuk menghasilkan asi untuk ibu yang sedang dalam masa menyusui, selain manfaat ini, daun kemangi juga bermanfaat menenangkan, dapat meningkatkan gerakan usus, meningkatkan nafsu makan serta menghilangkan bau badan.

  • Labu

Semua jenis labu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan asi, ibu bisa mengkonsumsi labu jika ingin asi berlimpah. Selain baik untuk meningkatkan asi, labu juga memiliki kandungan zat besi sepertu sayu hijau namun dengan jumlah yang sedikit. Labu sangat mudah untuk dicerna sehingga dapat menjauhkan usus dari sembelit. Sehingga sangat baik dikonsumsi ibu yang menyusui.

  • Sayur Merah

Segala jenis sayur yang berwarna merah baik itu bayam merah, ubi merah, sawi merah dan kangkung merah sangat baik digunakan untuk memperlancar asi. Selain itu juga memiliki khasiat asam folat yang baik untuk ibu hamil.

  • Kacang Almond

Sama seperti kacang tanah yang memiliki kandungan berupa zat besi dan protein, dimana protein yang ada di kacang almond bermanfaat untuk melancarkan asi, serta memiliki kandungan kalsium yang baik bagi ibu yang mengadung. Namun kandungan zat besi yang dimiliki lebih sedikit dibandingkan zat besi kacang tanah.

  • Kacang Tanah Mentah

Kacang tanah mentah sangat baik jika dikonsumsi, karena dapat membantu air asi menjadi lancar, karena memiliki kandungan protein yang tinggi, namun jangan dikonsumsi saat masa kehamilan karena kacang tanah yang mentah juga dapat menyebabkan keguguran.

  • Sup

Tidak semua jenis sup bisa dikonsumsi, sup yang bisa memperlacar asi adalah sup daging, ikan, dan ayam. karena semuanya mengandung protein yang baik untuk sang ibu. Sementara air sup baik untuk menambah cairan tubuh ibu yang menyusui.

  • Fenugreek

Jenis makanan ini sudah dikenal sejak dulu dijadikan sebagai makanan yang dapat membantu produksi asi agar banyak. Biji fenugreek kaya akan zat besi, kalsium dan mineral.

  • Wijen Hitam

Salah satu jenis makanan yang bisa membantu ibu melancarkan asi adalah dengan mengkonsumsi wijen hitam, wijan hitam mengandung kalsium dan beragam jenis nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan bayi.

  • Kacang Mete

Sama seperti semua jenis kacang-kacangan, kacang mete mengandung banyak protein, sehingga dengan protein tersebut dapat membantu melancarkan asi apabila dikonsumsi oleh ibu yang menyusui, Ibu bisa menjadikan kacang ini menjadi cemilan atau mengolahnya menjadi kue atau apapun itu.

Inilah ke-15 makanan yang dapat memperlancar asi, ibu-ibu bisa memilih salah satu jenis makanan yang bisa dijadikan menu makanan sehari-hari selama masa menyusui agar asi tetap lancar dan bayi tercinta mendapatkan kandungan nutrisi yang baik dan sempurnah.

Semua jenis makanan ini sangat mudah ditemukan, jadi ibu tidak perlu mengkhawatirkan lagi tentang asi, karena cukup mengkonsumsi makanan tersebut asi ibu bisa lancar dan tidak akan ada kendala lagi.

Sekian artikel seputar Makanan yang dapat melancarkan asi ibu, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan panduan selama proses menyusui.