12 Panduan Cara Agar Asi Banyak Untuk Ibu yang Baru Melahirkan

Cara agar asi banyak- Masalah Asi sering menjadi kendala bagi ibu yang baru saja melahirkan, masalah ini merupakan sebuah masalah kesehatan yang di alami oleh sang ibu, bisa jadi ibu tidak menjaga kesehatan sebelum melahirkan, sehingga mengakibatkan asi ibu mengalami gangguan seperti kurang lancar atau bahkan tidak ada.

Bayi membutuhkan nutrisis yang banyak, nutrisi pertama yang harus dipenuhi ibu kepada bayi adalah dari asi, dengan demikian seorang bayi akan bisa tumbuh dengan sehat, selain baik untuk kesehatan bayi, dengan memberikan asi kepada bayi baik juga bagi kesehatan ibu, misalnya dapat terhindar dari penyakit kanker payudara, dapat membantu tubuh ibu kembali normal dan cantik. Namun yang menjadi kendala adalah asi ibu tidak lancar. Apa yang menjadi faktornya adalah sebagai berikut.

  • Bayi tidak mampu mengisap asi dengan baik, boleh jadi bayi sedang mengantuk atau mengalami penyakit kuning.
  • Bayi tidak satu ruangan dengan ibu setelah lahir, ketika ibu dan bayi berada di ruangan yang terpisah, dapat menurunkan produksi asi ibu, maka seorang ibu harus selalu dekat dengan sang bayi.
  • Ibu yang memiliki kesibukan setelah melahirkan, salah satu faktor yang dapat menurunkan produksi asi, atau asi ibu kurang lancar disebabkan karena ibu memiliki kesibukan setelah melahirkan. Seharus ibu selalu berada di samping bayi agar bayi memiliki asupan nutrisi yang baik.
  • Ibu membatasi jadwal pemberiaan asi pada bayi
  • Ibu sakit, stress serta depresi, semua faktor ini menjadi penyebab asi tidak lancar, seorang ibu yang baru melahirkan seharusnya menghindari keadaan seperti ini, agar mempu memberikan stimulasi yang baik bagi produksi asi.
  • Memberi bayi susu formula, salah satu kesalahan besar seorang ibu setelah melahirkan adalah memberi bayi susu formula saat asi tidak lancar, memberi susu formula bukan solusi yang baik, yang seharusnya dilakukan adalah mencoba beberapa yang dapat memperlancar asi bisa dengan mencoba berkali-kali bayi asi.
  • Bentuk puting yang masuk kedalam, menjadi salah satu faktor penyebab asi tidak lancar
  • Melakukan operasi payudara
  • Ibu yang melahirkan dengan cara caesar, ibu yang melahirkan secara caesar akan memperlambat proses produksi asi, karena ibu membutuhkan waktu pemulihan yang sangat lama, namun apabila sudah pulih, ibu akan mempu memproduksi asi dalam jumlah yang banyak seperti ibu yang melahirkan secara normal.
  • Konsumsi Pil KB, Ibu yang mengkonsumsi pil KB dapat mempengaruhi produksi asi saat kembali melahirkan, karena pil KB mengandung esterogen dan progesterogen yang dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Semua faktor-faktor tersebut menjadi penyebab asi menjadi tidak lancar, inilah yang menyebabkan ibu menjadi gelisah saat bayi kesayangannya tidak mendapatkan asupan nutrisi dengan sangat baik melalui asi yang dimilikinya.

Dokter sangat menganjurkan agar ibu sendiri lah yang harus memberikan asupan kepada bayi dalam bentuk asi, dan pada saat bayi baru lahir, hanya asi yang mampu dicerna oleh bayi. Untuk mengatasi masalah ini, kami memberikan solusi kepada ibu berupa cara memperlancar asi.

12 Panduan Cara Agar Asi Banyak
Berikut ini ada 12 cara agar asi banyak, ibu bisa menerapkan cara-cara ini sebagai panduan untuk memperlancar asi, berikut cara-cara agar asi banyak:

1) Lakukan pemijatan pada payudara
Solusi yang baik agar asi banyak adalah, meakukan pemijatan pada payudara, cara ini sangat bermanfaat untuk memperlancar produksi asi. Ibu dapat melakukannya pada malam hari setelah melahirkan. Dengan melakukan pijatan, aliran air susu akan lebih lancar dan produksi asi bisa banyak.

  • Menyusui setiap 2 jam sekali

Agar produksi asi melimpah, ibu harus bisa menyusui bayi sesering mungkin, usahakan setiap 2 jam sekali, kemudian usahakan kedua payudara bergantian, cara ini sangat efektif, dan para ahli sangat menganjurkan ibu yang dalam masa menyusui untuk menerapkan cara ini.

  • Mengatur posisi yang tepat saat menyusui

Ibu harus memperhatikan posisi yang tepat saat menyusui, memperhatikan posisi sangat penting, karena boleh jadi penyebab asi tidak lancar karena posisi menyusui yang kurang tepat, usahakan untuk memasukan puting kemulut bayi sehingga bayi mampu memompa asi dalam jumlah yang banyak, dengan demikian ibu tidak perlu khawatir lagi bahwa bayinya tidak mendapatkan asupan yang cukup.

  • Perbanyak minum air putih

Saat menyusui, ibu akan banyak kehilangan cairan, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi apa bila ibu tidak banyak minum air putih, oleh karena itu ibu harus banyak minum air putih terutama saat bangun tidur.

  • Memperbanyak kebutuhan nutrisi

Bukan bayi saja yang perlu nutrisi, ibu juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dengan begitu ibu dapat memberikan nutrisi melalui makan yang dikonsumsi dan disalurkan kepada bayi melalui asi, oleh karena itu ibu harus memperhatikan makanan, pastikan konsumsi makanan yang dapat membantu kelancaran produksi asi dan memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan.

  • Hindari stress

Ibu harus bisa menjaga diri dari stress, karena apabila ibu stress dapat menyebabkan produksi asi semakin sedikit, jangan terlalu memikirkan hal-hal yang tidak penting, bawa saja suasana menjadi tenang dan menyenangkan agar produksi asi tidak terganggu. Karena hanya dengan cara ini asi ibu tetap berlimpah dan bayi tidak kekurangan konsumsi asi.

  • Dilarang konsumsi rokok dan alkohol

Ibu yang memiliki kebiasaan rokok dan alkohol harus ditinggalkan dan dihindari terutama saat mengandung dan melahirkan, karena dapat memberi dampak buruk bagi asi saat akan menyusui, mengkonsumsi rokok dan alkohol akan mempengaruhi perkembangan bayi melalui asi yang diberikan oleh ibu. Untuk itu ibu harus menjaga kesehatan bayi melalui makanan yang dikonsumsi.

  • Kompres payudara dengan air hangat dan meminum air hangat

Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh ibu yang menginginkan agar asi dapat berlimpah, mengompres payudara dengan asi disertai dengan pijatan akan dapat memperlancar asi dengan cepat. Cara ini sangat efektif dan sudah banyak yang membuktikannya. Selain itu ibu juga bisa meminum air hangat, air hangat sangat baik untuk kesehatan.

  • Melakukan kontak dengan kulit bayi

Banyak orang mengatakan bahwa melakukan kontak dengan kulit bayi sangat baik terutama bagi ibu yang menyusui. Dengan cara ini akan membantu merangsang kelenjer susu sehingga dapat menghasilkan produksi susu semakin banyak.

  • Usahakan untuk lebih dekat dengan bayi

Ibu harus bisa lebih dekat dengan bayi, agar mampu merangsang keluarnya asi.

  • Menjaga tubuh agar tetap tenang

Salah satu cara agar ibu tidak stress, dengan begitu tetap mampu menghasilkan asi yang banyak.

  • Mandi dengan air hangat

Usahakan ibu selalu mandi dengan air hangat, seperti yang sudah kita ketahui bahwa air hangat sangat bermanfaat.

Inilah 12 cara agar asi banyak, cara ini bisa ibu aplikasikan agar dapat menghasilakn asi sesuai yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan semoga ibu memiliki putra-putri yang sehat.