11 Bahan Makanan Penghasil ASI Booster Alami

Apakah Anda saat ini sedang dalam tahap proses menyusui yang membutuhkan banyak ASI untuk sang bayi dan ingin mengetahui apa saja 11 bahan makanan penghasil ASI booster alami? ASI atau air susu ibu merupakan nutrisi penting bagi kebutuhan bayi agar dapat tumbuh dan berkembang. Tentunya ASI menjadi makanan pokok yang dikonsumsi bayi sampai 6 bulan ke depan. Sehingga ASI pada ibu menyusui harus tercukupi demi memenuhi kebutuhan buah hati setiap harinya. Anda bisa memperbanyak produksi ASI booster dengan mengkonsumsi berbagai makanan alami dan juga menyehatkan untuk ibu bayi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi yang disusui.

Dibawah ini ada 11 bahan makanan penghasil ASI booster alami yang dapat Anda coba untuk konsumsi:

  1. Ikan salmon

Salah satu jenis jenis ASI booster alami dari bahan makanan yang dapat Anda coba konsumsi adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mampu melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan ikan salmon mengandung kandungan omega 3 dengan  kandungan EPA dan DHA. Kandungan DHA dalam ikan salmon mampu mendukung perkembangan syaraf dan kecerdasan bagi bayi yang sedang disusui. Selain itu kandungan EPA dalam ikan salmon juga berguna untuk membuat kondisi jantung bayi sehat dan membantu dalam membentuk sel darah dalam tubuh bayi. Sehingga Anda dapat konsumsi ikan salmon setiap hari agar kebutuhan ASI tercukupi.

  1. Beras merah

Jenis makanan yang mampu mendukung ASI booster secara alami kedua adalah beras merah. Beras merah merupakan jenis makanan pokok pengganti nasi putih yang biasanya dikonsumsi orang yang menjalankan diet sehat. Tidak hanya untuk diet saja, beras merah yang mengandung galaktogogus mampu membantu penyembuhan pasca melahirkan sang buah hati. Yang paling penting, beras merah ini mampu membantu memproduksi ASI untuk bayi lebih banyak. Senyawa baik dalam beras merah menjadi makanan sehat bagi ibu menyusui yang kemudian diberikan nutrisi ASI kepada bayinya. Anda bisa konsumsi beras merah setiap hari secara teratur.

  1. Buah jeruk

Jenis makanan untuk membuat ASI booster baik untuk bayi adalah buah jeruk. Buah jeruk salah satu buah yang alami dan tentunya sudah sering dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa buah jeruk sangat mendukung produksi ASI booster yang dibutuhkan selama proses menyusui. Karena kandungan Vitamin C dibutuhkan dalam memproduksi ASI booster pada ibu menyusui. Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk dengan cara dibuat menjadi jus atau langsung dikonsumsi sebagai pelengkap menu makanan sehat bagi ibu menyusui untuk kualitas terbaik ASI yang diberikan pada buah hati.

  1. Telur

Jenis makanan untuk membuat ASI booster demi tercukupinya bagi proses menyusui adalah telur. Telur dikenal sebagai bahan makanan alami yang mengandung banyak protein. Telur mampu membantu ibu menyusui dalam meningkatkan produksi ASI yang akan diberikan pada bayinya. Telur ini mengandung banyak Vitamin D yang dapat menguatkan tulang pada ibu menyusui. Tak hanya pada ibu menyusui saja, Vitamin D yang terkandung dalam telur mampu menjaga dan menguatkan tulang pada bayi yang mengkonsumsi ASI ibunya. Sehingga keduanya akan terjaga kesehatannya dengan baik apabila mengkonsumsi telur sebagai menu makanan sehat selama proses menyusui.

  1. Kacang almond

Jenis makanan yang mendukung ASI booster yang akan diberikan pada bayi pada proses menyusui adalah kacang almond. Kacang almond ini sering ditemukan pada makanan olahan seperti roti dan cokelat. Ada banyak manfaat yang bisa diambil jika rutin mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond ini mampu membantu memperbanyak produksi ASI booster yang dibutuhkan bayi. Selain itu kacang almond ini mampu memenuhi asupan protein yang cukup bagi ibu dan bayinya. Kacang almond juga dapat membantu kebutuhan kalsium yang dibutuhkan ibu dan bayi agar keduanya tetap dalam kondisi yang sehat.

  1. Bayam

Jenis makanan keenam yang bisa Anda konsumsi untuk mempermudah produksi ASI booster dengan cara alami adalah bayam. Bayam adalah jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan manfaat. Bayam ini mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin A, C, E, dan K. Selain itu bayam mengandung asam folat dan enzim phytoestrogens yang mampu menambah produksi ASI yang dibutuhkan selama proses menyusui berlangsung. Anda bisa konsumsi bayam sebagai menu makanan sehat setiap hari dengan membuatnya dalam bentuk sayur bening atau dikonsumsi langsung setelah direbus. Jangan sampai terlalu matang agar kandungan baik dalam bayam tidak terbuang.

  1. Susu kedelai

Jenis makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui adalah susu kedelai. Kebanyakan ibu menyusui memilih susu yang rendah lemak dalam meningkatkan produksi ASI. Susu soya atau susu kedelai ini mampu memenuhi produksi ASI booster selama proses menyusui berlangsung. Selain itu susu kedelai juga dapat dijadikan susu bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi.

  1. Labu siam

Jenis bahan makanan pelancar ASI bagi ibu yang sedang dalam proses menyusui adalah labu siam. Labu siam memiliki bentuk yang besar dan daging buahnya berwarna oren menyala. Labu siam ini dapat membantu menjadikan ASI ibu menyusui melimpah untuk diberikan pada sang bayi. Selain itu labu siam juga berguna untuk mencegah ibu menyusui mengalami sembelit dan sekaligus melancarkan proses metabolisme yang ada di dalam tubuh. Anda bisa olah labu siam menjadi sayuran maupun dibuat menjadi menu kolak labu. Konsumsi labu siam secara teratur agar produksi ASI lancar dan dapat memenuhi kebutuhan sang bayi.

  1. Jagung

Jenis makanan untuk pelancar ASI bosster selanjutnya pada ibu menyusui adalah jagung. Jagung ini termasuk dalam kacang-kacangan yang bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui atau bahkan selama ibu mengandung bayi. Jagung memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi dalam melancarkan produksi ASI booster selama menyusui berlangsung. Anda bisa konsumsi jagung yang sudah direbus maupun diolah menjadi menu makanan sehat setiap harinya dalam membantu memproduksi ASI lebih banyak secara alami dan menyehatkan.

  1. Asparagus

Jenis makanan berikutnya yang dapat Anda konsumsi untuk menjadi bahan makanan alami pelancar produksi ASI selama proses menyusui adalah asparagus. Asparagus ini bentuknya seperti batang muda yang kaya akan kandungan manfaat. Asparagus ini mengandung kandungan fitoestrogen yang mampu membantu produksi ASI menjadi melimpah. Selain itu asparagus juga kaya akan serat, Vitamin A, Vitamin K, dan juga asam folat yang membuat ASI menjadi lebih berkualitas. Anda dapat menjadikan asparagus menjadi menu makanan sehat ibu menyusui setiap hari.

  1. Oatmeal

Jenis makanan lainnya yang dapat membuat ASI booster pada ibu menyusui adalah oatmeal. Oatmeal ini mengandung karbohidrat yang rendah kolesetrol dan mampu membantu produksi ASI booster melimpah untuk memenuhi kebutuhan selama proses menyusui.