7 Trik Agar ASI Cepat Keluar

Biasanya setelah melahirkan, ibu-ibu muda ini selalu mencari cara agar asi cepat keluar.  Nah, artikel ini akan memberikan triks yang mudah dipraktekkan supaya berhasil membantu Anda, moms! Simak sampai habis penjelasan di bawah ini ya!

Pentingnya  ASI

Memberikan ASI eksklusif kepada buah hati sebenarnya memang masuk ke ranah personal dari hak sang ibu. Namun, banyak ahli kesehatan yang sangat gencar menyarankan hal ini dilakukan mengingat begitu besar pentingnya ASI. Mengapa demikian? Silakan simak 10 poin pentingnya ASI untuk bayi Anda :

  1. Mengandung nutrisi penting dan baik untuk bayi

Di dalam ASI, semua kandungan zat yang penting terkandung di dalamnya. Mulai dari DHA, AA, laktosa, omega 6, kolostrum, lemak, zat besi, taurin, protein, laktoferin, dan lisozim. Semuanya tersedia dalam takaran yang pas untuk perkembangan buah hati. Inilah yang menjadi salah satu alasan yang menyebabkan ASI memiliki posisi yang lebih unggul dibandingkan dengan susu formula. Komposisi masing-masing zat tersebut secara otomatis akan menyesuaikan kebutuhan nutrisi bayi.

  1. Memberikan kekebalan optimal

Dengan kandungan zat-zat yang dimilikinya, ASI mampu memberikan kekebalan yang optimal bagi buah hati Anda. Pembentukan imun anak ASI biasanya sangat krusial di awal masa pertumbuhan, karena daya tahan anak pun akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya nanti. Dengan memberikan ASI, Anda telah memberikan bekal sistem imun yang optimal. Hal ini pun sudah banyak dibuktikan di lapangan, bahwa anak ASI akan jarang sakit daripada mereka yang bukan.

  1. ASI lebih higienis

Karena ASI Langsung diberikan dari puting ibu ke bayi, maka kehegienisan ASI lebih terjaga seutuhnya. Coba saja bandingkan dengan susu formula yang harus menggunakan botol dan dot. Lagipula, sebagai seorang ibu yang baik, maka sudah kewajibannya selalu menjaga kebersihan dan kesehatan puting susu demi kelacaran ASI untuk sang buah hati.

  1. Pelindung dari alergi makanan

Salah satu keunggulan ASI adalah melindungi bayi dari alergi makanan yang mungkin dapat dialami. ASI akan memberikan rangsangan kepada buah hati Anda agar kebal terhadap berbagai makanan. Nah, sebagai ibu yang baik, Anda perlu memperhatikan keragaman dan keseimbangan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas ASI.

  1. ASI selalu segar

Karena dihasilkan langsung dari payudara ibunya, maka ASI selalu segar dan terjaga kualitasnya. Tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, ASI tidak basi dan kesegarannya terjamin. Ingat, makanan ibu yang berperan penting di sini.

  1. ASI sebagai sarana untuk mendekatkan ibu dan bayinya

Dalam kurun waktu tertentu, ASI lah yang menjadi makanan utama bagi bayi Anda. Dengan demikian, ASI akan turut berperan menjadi media  perekat hubungan ibu dan anak ini.

Di situlah peran ASI selain sebagai sumber nutrisi hati. Sudah banyak yang membuktikan kalau anak ASI cenderung memiliki kedekatan emosional yang lebih baik dengan sang ibu daripada anak yang mengonsumsi susu formula sejak bayi.

  1. Komponen nutrisi ASI fleksibel

ASI memiliki cara kerja yang unik. Pernah dengar kan, kalau ASI keluar sesuai kebutuhan sang bayi, bergitu pula dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Seiring dengan tumbuh kembang buah hati Anda, tentu nutrisi yang dibutuhkan pun akan berkembang, tetapi semua itu akan tercukupi dengan asupan ASI yang diberikan hingga umur 2 tahun. Jadi, tidak usah khawatir ya Moms!

  1. Memberikan efek berat badan ideal bagi bayi

Anak yang mendapatkan asupan ASI akan cenderung memiliki berat badan yang ideal dibanding mereka yang mengonsumsi susu formula. Kenapa demikian? Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kandungan insulin dalam ASI memiliki kadar yang lebih sedikit daripada susu formula. Insulin inilah yang nantinya dapat memicu pertumbuhan lemak. Oleh karena itu, bayi ASI akan memiliki bobot yang normal dibandingkan dengan bayi susu formula.

  1. Ibu pun akan lebih cepat langsing

Nah sebagai tambahan pengetahuan, ternyata tidak cuma sang bayi yang bisa mendapatkan berat badan ideal. Bagi ibu, memberikan ASI eksklusif dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga tubuh kembali langsing lebih cepat. Menyusui dapat membakar kalori dalam tubuh Anda, bahkan mencapai 500 kalori per harinya.

7 Trik Agar ASI Cepat Keluar

Melihat pentingnya ASI serta manfaatnya bagi sang ibu dan buah hati, tentu setiap ibu muda akan mengharapkan ASI nya lancar, bisa cepat keluar, dan segera diberikan kepada bayi.  Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Dalam artikel ini, akan diberikan 7 trik supaya ASI Anda cepat keluar. Apa saja triknya? Simak penjelasan singkatnya!

  1. Tenang

Hal pertama yang harus dilakukan pasca melahirkan adalah menjaga ketenangan pikiran. Ketenangan ibu ini adalah kunci penting untuk menjaga kelancaran ASI. Hormon oksitosin yang tercipta dengan suasana tenang pikiran ibu, dapat merangsang ASI untuk cepat keluar. Jadi, jangan stress dan berpikiran negatif yang bisa membuat Anda merasa terbebani dan mengakibatkan ASI sulit keluar. Stay calm Moms!

  1. Merangsang puting

Posisikan si kecil untuk mengisap puting susu ibunya. Trik ini ternyata dapat merangsang agar asi cepat keluar. Jadi, biarkan ia mengenali dan mulai mengisapnya perlahan.

  1. Melakukan Pemijatan

Anda dapat melakukan pemijatan untuk merangsang keluarnya ASI. Pijatan lembut yang dilakukan pada puting susu ternyata dapat merangsang hormon oksitosin yang akan mempengaruhi produksi ASI. Selain itu, pemijatan juga dapat dilakukan di pungung bagian atas. Anda dapat meminta bantuan suami untuk melakukan hal ini, supaya lebih terasa rileksi dan santai. Memiliki ASI yang melimpah yang bisa diberikan kepada buah hati adalah harapan semua ibu, dan untuk itu sebagai suami yang baik perlu mendukung hal-hal semacam ini.

  1. Menghangatkan  Payudara

Menghangatkan payudara bisa dilakukan dengan mandi air hangat atau mengompres payudara dengan air hangat. Mandi air hangat dapat membuat suasana hati ibu akan lebih rileks sehingga merangsang hormon oksitosin untuk memperlancar produksi ASI. Selain itu, air hangat dipercaya mampu merangsang keluarnya asi dan meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Makanan yang dikonsumsi ibu, akan sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas produksi ASI yang dihasilkan. Untuk itu, pilihlah makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan Anda dan bayi. Ingat, makanan yang Anda konsumsi secara tidak langsung juga akan dikonsumsi oleh anak Anda, untuk itu pilihlah dengan baik dan perhatikan keseimbangan gizinya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Ibu menyusui pasti akan membutuhkan cairan yang lebih banyak. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan Anda dengan rutin konsumsi air putih yang baik untuk kesehatan. Ibu menyusui sebaiknya selalu sedia botol minuman di dekatnya supaya mudah terjangkau dan kebutuhan cairan aman sehingga terhindar dari dehidrasi.

  1. Perhatikan Posisi Menyusui

ASI yang tidak keluar dengan lancar juga bisa disebabkan posisi ketika menyusui. Untuk itu jangan cepat khawatir, coba ubah posisi menyusui untuk mendapatkan produksi ASI yang maksimal.