Cara Penyimpanan ASI yang Benar

Cara penyimpanan ASI yang benar – Cara penyimpanan ASI yang benar memang harus diketahui utamanya oleh ibu yang produktif di luar rumah dan harus meninggalkan bayinya. Tentu Anda tidak mungkin meninggalkan bayi tanpa ASI karena ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi Anda.

Cara Penyimpanan Asi Yang Benar

Cara penyimpanan ASI yang benar adalah pertama – tama Anda dinginkan ASI dalam waktu kurang dari 1 jam setelah dipompa dari payudara. Kemudian beri label tanggal dan jam simpan agar ASI mudah diingat. Cara penyimpanan ASI yang baik adalah jangan dibuat penuh dalam wadah simpan melainkan bagi sedikit – sedikit karena susu yang tidak habis perlu dibuang dan tidak baik disimpan lama – lama di suhu ruang. Upayakan Anda isi botol ASI tidak penuh melainkan sisakan sekitar 2 cm ruang kosong dari atas.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Penyimpanan ASI Agar Tidak Basi

Jika ASI disimpan dalam suhu ruang, ASI bisa bertahan dalam waktu 6 jam. Sementara jika disimpan dalam kulkas atau cooler box akan bertahan lebih lama. Jika memang ASI Anda simpan dalam kulkas bersuhu 4 derajad celcius, ASI bisa bertahan selama 24 jam. Sementara jika ASI disimpan dalam freezer bersuhu -15 derajad maka ASI bisa bertahan lebih lama lagi bahkan sampai dengan 3 bulan lamanya.

Itulah informasi tentang bagaimana cara penyimpanan ASI yang tepat dan bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas membantu Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *