Cara Penyimpanan ASI yang Baik

Cara penyimpanan ASI yang baik – Jika Anda seorang ibu yang memang aktif di luar ruangan, cara penyimpanan ASI yang baik tentu sangat Anda butuhkan. Sebagai makanan terbaik untuk bayi, ASI yang diberikan kepada bayi tentu haruslah ASI yang berkualitas. Karena itu menyimpan ASI secara baik sangat wajib Anda ketahui.

Cara Penyimpanan Asi Yang Baik

Anda bisa simpan ASI yang sudah diperah dalam tiga cara yaitu menyimpannya pada kulkas dengan suhu 4 derajad celcius, disimpan dalam freezer dengan suhu -15 derajad celcius atau disimpan dalam cooler bag untuk tujuan traveling atau bepergian bersama bayi.

Dalam rangka penyimpanan ASI didalam cooler bag, tahap awal penyimpanan ASI yang perlu dilakukan adalah bekukan dulu ice gel selama kurang lebih satu hari didalam freezer atau kulkas. Dengan begini nanti ice gel hasilnya bisa maksimal ketika dikenakan. Kemudian untuk penggunaan selanjutnya, bekukan ice gel kurang dari 8 jam atau jika lebih lama juga akan lebih maksimal.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Steril Botol Penyimpan ASI

Jika Anda menyimpan ASI di kulkas, pastikan ASI disimpan di suhu sekitar 4 derajad celcius. Anda bisa gunakan ASI yang disimpan di kulkas dalam waktu sehari. Jika Anda menyimpan ASI di freezer, Anda juga bisa simpan di suhu -15 derajad celcius. Didalam freezer, ASI beku ini bisa bertahan selama 1 minggu bahkan 3 bulan lamanya.

Dan jangan sampai lupa, labeli dulu ASI yang Anda simpan tersebut. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *