Cara Penyimpanan ASI Setelah Dipompa

Cara penyimpanan ASI setelah dipompa – Setelah memompa ASI kebanyakan ibu kemudian bingung bagaimana cara penyimpanan ASI setelah dipompa. Utamanya jika Anda adalah seorang ibu baru yang baru pertama kalinya memiliki seorang anak.

Cara Penyimpanan Asi Setelah Dipompa

Setelah Anda memompa ASI, Anda bisa segera tutup botol ASI atau kantong ASI tersebut dan segera bawa ke tempat penyimpan sebelum 1 jam. Ada tiga tempat penyimpanan ASI yang dapat menjadi pilihan Anda diantaranya yaitu cooler box, kulkas atau freezer. Ketiganya sama – sama penting dan bisa membuat ASI tetap awet dan tidak mudah basi.
Cara pertama dalam menyimpan ASI didalam cooler box, bekukan dulu ice gel selama kurang lebih satu hari didalam freezer atau kulkas. Kemudian untuk penggunaan selanjutnya, bekukan ice gel kurang dari 8 jam atau jika lebih lama juga akan jauh lebih maksimal. Jika Anda menyimpan ASI di kulkas, pastikan ASI disimpan di suhu sekitar 4 derajad celcius. Anda bisa gunakan ASI yang disimpan di kulkas dalam waktu sehari.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Penyimpanan ASI yang Baik

Jika Anda menyimpan ASI di freezer, Anda juga bisa simpan di suhu -18 derajad celcius. Didalam freezer, ASI beku ini bisa bertahan selama 1 minggu bahkan 3 bulan lamanya. Jangan lupa sebelum disimpan baik didalam cooler box, freezer atau kulkas, labeli dulu ASI tersebut agar Anda bisa tahu mana yang lebih dulu diperah dan mana yang kemudian diperah. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *