X
    Categories: Cara Menyimpan Asi

Cara Penyimpanan ASI Perah

Cara penyimpanan ASI perah – Idealnya ASI perah yang disimpan di suhu ruang bertahan dalam 6 jam, kalau ingin lebih dari itu cara penyimpanan ASI perah yang tepat perlu dilakukan. Setelah Anda selesai memerah ASI, Anda bisa tutup botol ASI dengan rapat. Kemudian Anda bisa berikan label pada wadah ASI tersebut supaya Anda tahu mana ASI yang baru diperah dan mana ASI yang sudah agak lama diperah.

Yang selanjutnya Anda bisa menyimpan ASI didalam kulkas atau freezer. Kalau ASI perah hanya ingin digunakan selama 24 jam saja, baiknya Anda simpan di suhu 4 derajad celcius. Tetapi jika Anda sedang butuh ASI perah yang tahan beberapa hari atau beberapa bulan, Anda bisa masukkan ASI perah ke kulkas setengah jam. Jika sudah dingin, bekukan ASI perah tersebut didalam freezer dengan suhu -15 derajad celcius atau lebih rendah. Dengan kondisi beku ini Anda bisa menggunakan ASI selama 1 minggu bahkan 3 – 6 bulan.

Dalam menyimpan ASI di kulkas atau freezer hindari untuk meletakkan ASI di pintu kulkas karena suhunya tidak stabil. Kemudian berikan label berisi tanggal dan waktu perah serta tanggal kadaluarsa ASI tersebut agar Anda bisa tahu mana ASI yang bisa didahulukan diberi kepada bayi dan mana yang bisa diberikan selanjutnya.

Itulah informasi tentang bagaimana cara penyimpanan ASI perah yang tepat dilakukan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Wafi: