X
    Categories: Cara Menyimpan Asi

Cara Penyimpanan ASI Dengan Plastik

Cara penyimpanan ASI dengan plastik – Ada banyak cara menyimpan ASI yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah cara penyimpanan ASI dengan plastik. Ya, selain dengan botol kaca khusus ASI, kantong plastik juga bisa digunakan untuk menyimpan ASI. Tetapi tentu saja kantong plastik yang dimaksud bukan kantong plastik sembarangan akan tetapi kantong plastik khusus untuk menyimpan ASI. Anda bisa temukan plastik ASI di tempat perlengkapan bayi.

Caranya sama saja dengan Anda menyimpan ASI didalam botol. Anda upayakan untuk perah ASI dan masukkan langsung ke dalam plastik ASI. Kemudian Anda bisa tutup kantong plastik ini dengan sebaik mungkin dan jangan berikan ASI terlalu penuh pada kantong plastik untuk menghindari kebocoran dan ASI yang tercampur bakteri di tutup plastik tersebut.

Sebelum 1 jam, Anda masukkan kantong plastik ke dalam cooler bag, kulkas atau freezer. Baiknya Anda pastikan agar tidak menyimpan di pintu kulkas supaya ASI tidak mudah basi. Jika Anda mengenakan air susu selama 24 jam, Anda bisa simpan ASI di kulkas dengan suhu 4 derajad celcius. Sementara jika bunda sedang dinas di luar kota dalam beberapa hari, Anda bisa masukkan ASI perah ke kulkas selama setengah jam. Dan jika sudah dingin, bekukan didalam freezer dengan suhu -18 derajad celcius atau lebih rendah. Dengan kondisi beku ini Anda bisa menggunakan ASI selama 1 minggu bahkan lebih dari 3 bulan lamanya.

Itulah cara penyimpanan ASI dengan plastik yang dapat Anda terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Wafi: