Cara Menyimpan ASI yang Tepat Part 1

Cara menyimpan ASI yang tepat – Jika Anda bertanya bagaimana cara menyimpan ASI yang tepat Anda bisa dinginkan ASI segera dalam waktu kurang dari 1 jam setelah dipompa dari payudara. Kemudian beri label tanggal serta jam supaya mudah ASI mudah diingat kapan tanggal simpan dan tanggal kadaluarsanya.

Cara Menyimpan Asi Yang Tepat

Cara menyimpan ASI yang bisa dilakukan yaitu dengan membaginya dalam jumlah sedikit dan jangan sampai memenuhi botol atau kantong susu. Sisakan ruang kosong kurang lebih 2,5 cm dari atas supaya susu tetap terjaga dan tidak terkontaminasi bakteri.

Untuk ibu yang bekerja di kantor, ASI dapat Anda pompa di pagi hari kemudian simpan didalam kulkas untuk kebutuhan selama bayi ditinggal kerja. Dan jika disimpan pada kulkas yang suhunya 4 derajad celcius, ASI bisa disimpan maksimal selama 5 hari. Sementara jika Anda butuh ASI yang bertahan jauh lebih lama, Anda bisa bekukan ASI di freezer yang suhunya -15 derajad celcius dan ASI bisa bertahan dalam 2 sampai dengan 3 bulan lamanya. Anda bisa selalu letakkan ASI di bagian belakang kulkas atau freezer karena di bagian ini suhunya paling dingin. Jika memang waktu simpan sudah lewat, baiknya jangan gunakan ASI tersebut kembali.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Menyimpan ASI Pada Cooler Bag

Itulah beberapa cara menyimpan ASI yang tepat bisa Anda lakukan. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *