X
    Categories: Cara Menyimpan Asi

Cara Menyimpan ASI yang Tepat Part 2

Cara menyimpan ASI yang tepat – Cara menyimpan ASI yang tepat terkadang memang sangat dibutuhkan utamanya bagi ibu yang produktif dengan pekerjaan di luar rumah. Menyimpan ASI agar tahan lama bisa dengan menyimpan ASI dalam wadah kantong atau botol ASI steril. Jangan Anda isi ASI terlalu penuh dan sisakan ruang kosong kurang lebih 2 cm dari atas. Kemudian beri label tanggal dan waktu penyimpanan agar mudah Anda ingat.

Cara menyimpan ASI yang baik yaitu dengan Anda bagi dalam jumlah sedikit karena susu yang tidak habis akan dibuang karena tidak baik disimpan kembali. Upayakan jangan Anda campur ASI yang baru dengan ASI yang sudah didinginkan sebelumnya.

Pada dasarnya, ASI yang sudah diperah bisa bertahan dalam 6 sampai 8 jam jika disimpan dalam ruangan kurang dari 25 derajad celcius. Dan jika kurang dari suhu, ASI perlu disimpan dalam kulkas atau freezer. Untuk para ibu yang bekerja di kantor, ASI bisa Anda pompa di pagi hari kemudian simpan dalam kulkas yang bersuhu 4 derajad celcius. ASI ini akan bertahan dalam 24 jam tetapi jangan simpan di daun pintu kulkas. Sementara jika Anda akan meninggalkan bayi di luar kota, Anda bisa simpan ASI dengan suhu -15 derajad. ASI ini dapat disimpan selama maksimum 2 minggu.

Itulah beberapa cara yang tepat dalam menyimpan ASI yang dapat Anda terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Wafi: