Cara Menyimpan ASI Ibu

Cara menyimpan ASI ibu – Cara menyimpan ASI ibu yang baru diperah memang tidak boleh sembarangan. Ada baiknya ASI disimpan dengan cara yang baik supaya ASI bisa bertahan lama bahkan lebih dari 8 jam. Idealnya memang ASI bisa bertahan dalam suhu ruang sekitar 6 sampai dengan 8 jam. Setelah itu, ASI tidak bisa digunakan lagi.

Cara Menyimpan Asi Ibu

Tetapi lain halnya kalau kita simpan ASI di tempat penyimpanan. Nantinya ASI tentu akan bisa bertahan lama bahkan bisa bertahan kurang lebih sekitar 2 minggu atau bahkan lebih tergantung cara penyimpanan kita dalam tempat penyimpanan tersebut.

Anda bisa menyimpan ASI dalam freezer. Tetapi daya tahan ASI tentu tergantung pada model piranti penyimpanan ASI yang bersangkutan. Didalam model lemari kulkas satu pintu, ASI akan aman dikonsumsi sampai dua minggu.
Lain halnya jika Anda simpan didalam lemari kulkas dua pintu, waktu penyimpanan bisa lebih lama sampai dengan 3 atau 4 bulan. Apalagi jika disimpan dalam freezer khusus dengan suhu sangat dingin dibawah 18 derajad celcius. ASI akan aman dikonsumsi sampai dengan 6 bulan lamanya.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Penyimpanan ASI Agar Tahan Lama

Selanjutnya jika ASI sudah disimpan dalam jangka waktu tertentu didalam freezer, sebelum diberikan kepada bayi baiknya Anda hangatkan dulu. Caranya yaitu dengan memanaskan botol atau kantong ASI didalam air mendidih. Baru ASI yang bukan ASI beku bisa Anda berikan kepada bayi.

Itulah informasi cara menyimpan ASI ibu yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *