Cara Menyimpan ASI Agar Tidak Cepat Basi

Cara menyimpan ASI agar tidak cepat basi – Anda yang merupakan seorang ibu produktif di dunia kerja sehingga harus memberikan ASI perah untuk si kecil, Anda harus tahu bagaimana cara menyimpan ASI agar tidak cepat basi.

Cara Menyimpan Asi Agar Tidak Cepat Basi

Yang perlu Anda perhatikan dalam penyimpanan ASI agar tidak cepat basi adalah botol ASI, tempat menyimpan ASI, serta suhu di tempat menyimpan ASI. Semua itu berpengaruh agar ASI tidak mudah basi.

Anda perlu pastikan untuk mensterilkan botol ASI. Caranya dengan membersihkan di air hangat atau dengan merebus botol ASI supaya botol tersebut jauh dari kuman. Kemudian tempat menyimpan ASI upayakan di freezer atau kulkas. Pastikan suhunya tidak kurang dari 25 derajad atau sekitar 4 derajad celcius akan lebih baik.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Menyimpan ASI Untuk Bayi

Cara menyimpan ASI yang perlu Anda tahu adalah segera dinginkan ASI dalam waktu kurang dari 1 jam setelah Anda pompa. Kemudian beri label tanggal dan jam supaya Anda tahu mana ASI yang baru dan mana yang lama. Anda bisa membagi ASI dalam jumlah sedikit demi sedikit supaya susu yang tidak habis bisa dibuang karena tidak baik kalau disimpan kembali. Upayakan jangan Anda campur ASI yang baru dengan yang lama. Dan jangan mengisi ASI penuh pada tempatnya. Sisakan ruang kosong sekitar 2,5 cm dari wadah botol ASI tersebut.

Buat bunda yang ingin ASI tetap steril dan tidak mudah basi, beberapa cara penyimpanan ASI diatas perlu bunda tahu dan terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *