Cara Menyimpan ASI Agar Tetap Steril

Cara menyimpan ASI agar tetap steril – Untuk ibu menyusui yang aktif bekerja di luar tentu cara menyimpan ASI agar tetap steril perlu diketahui. Dengan mengetahui cara ini Anda bisa meninggalkan ASI perah di rumah untuk keperluan bayi Anda dan Anda masih tetap bisa melakukan tugas sebagai seorang ibu memberikan ASI walau tengah bekerja.

Cara Menyimpan Asi Agar Tetap Steril

Agar ASI yang disimpan bisa tetap steril, Anda harus menjaga media penyimpanan ASI tersebut. Ketika ASI telah diambil dengan dipompa atau diperah dengan tangan, hindari kontak langsung antara tangan dengan ASI. Baik untuk tempat pompa atau botol susu harus disterilkan. Selanjutnya Anda bisa memilih tempat penyimpanan apakah Anda akan menyimpan di lemari es atau freezer.

Baca ini Juga Bunda :  Cara Menyimpan ASI Kulkas

Untuk penyimpanan ASI perah di lemari es, Anda bisa atur suhu lemari es kurang dari 4 derajad celcius. Dengan begini ASI bisa bertahan 5 hari. Tetapi ingat, Anda perlu labeli sesuai dengan tanggal Anda memerah ASI tersebut agar Anda bisa tahu mana ASI yang baru dan mana yang lama. Jika memang Anda memilih menyimpan ASI di freezer, Anda bisa membuat ASI bertahan dalam waktu sekitar 3 minggu sampai dengan 6 bulan.

Itulah cara menyimpan ASI supaya ASI Anda tetap steril. Terapkan cara diatas dan dapatkan manfaatnya untuk keperluan bayi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *